Manfaat Digitalisasi dalam Proses Evaluasi Diri Madrasah yang Dijelaskan oleh Kemenag

Manfaat digitalisasi dalam proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang dijelaskan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama, M. Sidik Sisdiyanto, menjelaskan manfaat signifikan digitalisasi dalam proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) melalui penggunaan sistem terintegrasi yang memastikan ketersediaan data dari tingkat madrasah hingga pusat. Hal ini memungkinkan seluruh pelayanan dapat tersistem dengan baik.

Manfaat digitalisasi dalam EDM juga mencakup data kondisi madrasah yang diperoleh dari hasil EDM dan data tata kelola keuangan madrasah yang diperoleh dari aplikasi E-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah). Dengan terintegrasinya data-data melalui digitalisasi, terjadi peningkatan efisiensi dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Evaluasi ini memungkinkan madrasah untuk menentukan kegiatan prioritas, baik untuk mempertahankan kondisi yang sudah baik atau sangat baik, maupun untuk memperbaiki area yang masih kurang optimal. Kegiatan prioritas tersebut kemudian dilakukan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan di aplikasi E-RKAM.

Digitalisasi bukan hanya alat untuk mempermudah administrasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mengoptimalkan strategi dan sumber daya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Kementerian Agama terus berupaya memanfaatkan teknologi sebagai pendukung utama dalam proses evaluasi dan pengembangan madrasah di Indonesia.

Aplikasi EDM ini berhubungan dengan basis penilaian yang objektif dan didukung oleh data-data sekunder seperti EMIS (Education Management Information System), AKMI (Akreditasi Madrasah Ibtidaiyah), AKG (Akreditasi Kurikulum dan Guru), dan Sispena (Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Nasional). Alokasi anggaran haruslah mengacu pada upaya mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing.

Dengan digitalisasi yang semakin merata, proses evaluasi dan perbaikan pendidikan di tingkat madrasah dapat berlangsung lebih efektif dan transparan, serta mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.


You Might Also Like