Top Halal Award 2024: Dua Bumbu Jepang Menerima Penghargaan Bergengsi

Dua produk bumbu dari Jepang meraih penghargaan di Top Halal Award 2024, meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk halal.

Jakarta - Bumbu adalah elemen penting dalam setiap masakan, dan di era modern ini, banyak bumbu yang dibuat dalam bentuk instan untuk memudahkan proses memasak. Namun, selain rasa yang nikmat, kehalalan bumbu juga menjadi perhatian utama, terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Melihat pentingnya label Halal pada setiap produk, acara TOP Halal Award 2024 diselenggarakan oleh IHATEC Marketing Research. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada brand-brand yang berhasil meraih posisi teratas dalam citra halal berdasarkan survei Top Halal Index.

“TOP Halal Award diadakan untuk mengapresiasi brand-brand di kalangan konsumen Indonesia. Penghargaan ini bukan hasil penilaian kami, tetapi berdasarkan survei Top Halal Index,” ungkap Evrin Lutfika S.Tp, M.TPn, Direktur IHATEC Marketing Research, di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2024).

Tema tahun ini adalah ‘Building Halal Brand to Capture Global Market’. Dalam kompetisi ini, ribuan brand berpartisipasi, namun hanya 52 produk Indonesia yang berhasil meraih penghargaan TOP Halal Award 2024.

IHATEC melakukan survei Top Halal Index di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Balikpapan. Survei ini melibatkan 700 responden, sebagian besar dari kalangan milenial, dengan 87 persen responden beragama Islam dan 13 persen non-Muslim.

Survei dilakukan dari bulan Juni hingga Juli 2024 dengan metode wawancara langsung. Konsumen ditanya tentang brand halal yang terlintas di pikiran mereka tanpa diberikan pilihan jawaban, sehingga hasilnya mencerminkan merek produk halal yang benar-benar melekat di benak konsumen.

Selain itu, survei ini juga mengeksplorasi perilaku dan persepsi milenial Indonesia terhadap produk halal, termasuk brand awareness, penggunaan terakhir brand halal, niat masa depan terhadap brand halal, dan analisis switching brand.

Top Halal Kategori Bumbu

Dua bumbu asal Jepang, yaitu Masako® dan SAORI®, berhasil meraih penghargaan Top Halal Award 2024. PT AJINOMOTO INDONESIA, sebagai produsen kedua brand tersebut, secara konsisten memastikan bahwa seluruh lini produknya mendapatkan sertifikasi halal dan menerapkan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) di seluruh pabriknya.

“Penghargaan ini adalah bukti bahwa PT AJINOMOTO INDONESIA berkomitmen untuk menjaga kehalalan produk. Upaya kami selama ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyediakan produk yang lezat, berkualitas tinggi, dan dapat dipercaya oleh konsumen. Penghargaan ini sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal kami dan memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk makanan yang aman dan halal,” ujar Ir. Hermawan Prajudi, Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA.


You Might Also Like