Kino Indonesia Luncurkan Kinovation Batch 3 untuk Dukung Brand Lokal
Jakarta - Kino Indonesia kembali menghadirkan Kinovation, dan kali ini kita sudah sampai di batch ketiga! Setelah sukses dengan batch sebelumnya, Kinovation Batch 3 mengumumkan 10 brand lokal yang berhasil lolos seleksi dan siap mengikuti pelatihan. Ini adalah langkah besar untuk mendukung kemajuan brand lokal di tanah air.
Kesepuluh brand ini bersaing dengan 198 brand lainnya yang mendaftar dari berbagai penjuru Indonesia. Kinovation bukan hanya sekadar program, tetapi juga merupakan komitmen Kino untuk berkontribusi dalam perkembangan brand direct to consumer asli Indonesia. Dengan menggabungkan ide dan inovasi, Kino bertekad memberdayakan brand-brand lokal sebagai bagian dari semangat kolaborasi dan kemajuan berkelanjutan yang telah mereka jalani selama hampir 25 tahun.
Program ini dirancang untuk memberikan mentoring dan pelatihan bagi brand-brand lokal terpilih yang memiliki konsep produk inovatif dan unik, mulai dari makanan hingga produk kecantikan. Sidharta Prawira Oetama, Presiden Direktur Kino Indonesia, menjelaskan, "Kami sebagai pelaku industri FMCG ingin membangun ekosistem positif bagi semua stakeholder. Saling mendukung brand-brand lokal akan menciptakan kolaborasi yang baik untuk berkembang bersama dalam bisnis yang berkelanjutan."
Menurut Survei Ipsos Global Trends 2023, 51% masyarakat Indonesia percaya bahwa kualitas brand lokal mampu bersaing dengan brand global. Penerimaan masyarakat terhadap brand lokal juga terus berkembang pesat. Melihat peluang ini, semakin banyak brand lokal yang berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, tantangan tetap ada, seperti kemampuan untuk beradaptasi dan bertahan dalam persaingan pasar yang ketat.
Setelah proses penilaian yang ketat, akhirnya terpilih 10 brand dari berbagai kategori, yaitu @alamme_nutrientfood, @arummi.foods, @crystalofthesea, @ezenail, @lashboss.id, @nonawoman, @togeannaturale, @world.of.makescents, @vetpicurean.id, @yoriandco. Para peserta akan mendapatkan sesi mentoring satu-satu dengan para ahli dari berbagai industri, yang akan memberikan pengetahuan praktis dan teknis untuk pertumbuhan berkelanjutan, peluncuran produk, dan pengembangan bisnis strategis.
Yansen Kamto, Founder Senyawa+ dan salah satu mentor Kinovation, menjelaskan, "Melalui pelatihan intensif selama satu bulan yang melibatkan berbagai sektor, termasuk e-commerce, ritel, dan media digital, serta sesi mentoring dari para ahli dan alumni Kinovation batch sebelumnya, Kinovation membantu pemilik brand lokal menghadapi tantangan dan memberikan wawasan serta kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka."